Kaum Adam Dominasi Belanja Mom and Baby

Jumat, 20 Januari 2017 | 07:55
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
ILUSTRASI

INDOPOS.CO.ID-Belanja online tidak menjadi hak monopoli kaum hawa. Pria kekinian juga tidak kalah lihai melakukan belanja berbasis platform online. Bahkan, kaum lelaki mendominasi belanja lewat toko online untuk kategori peralatan ibu dan anak.

Memang untuk pemilihan kategori belanja berdasar pilihan istri. Namun, tetap yang melakukan pemborongan terhadap kategori mom and baby kalangan laki-laki. ”Berdasar daftar belanja JD.ID, kaum lelaki lebih mendominasi untuk barang belanjaan peralatan ibu dan anak,” beber Head of Corporate Communications and Public Affairs JD.ID Teddy Arifianto, di Jakarta, Kamis (19/1).

Tidak disangkal, peralatan ibu dan anak tercatat sebagai kategori paling populer di JD.ID, disusul posisi kedua kategori gadget, kecantikan dan kesehatan, household dan home appliance. JD.IDmenjadi referensi ibu-ibu menjelang melahirkan atau sesudah mempunyai anak. Karenanya, volume penjualan mom and baby relatif tinggi dengan sokongan promosi tematik. ”Itu bukti sahih kalau kami tidak sekadar jualan,” tegas Teddy.

Volume penjualan kategori peralatan ibu dan anak selalu naik berkat momen-momen tertentu. Misalnya Mom Festival, promo diadakan pada setiap kuartal. Kalau bulanan pasti dibeli itu produk susu, popok dan mainan. Lonjakan penjualan peralatan ibu dan anak itu, tidak berarti penjualan kategori gadget mulai kehilangan pasar. Sebab, masing-masing kategori punya pasar masing-masing. Misalnya, ada ibu mau beli peralatan ibu dan anak, terus suami membeli gadget. ”Nah, kondisi-kondisi sepertinya sering terjadi,” tukasnya.

Di sisi lain, JD.ID menjadi mitra eksklusif penjualan Ecopan. Itu terjadi setelah JD.ID menjalin kerjasama dengan brand alat masak Maxim. Ecopan merupakan produk peralatan masak modern menyasar pasar menengah atas dan premium dikeluarkan Maxim sejak 2014 silam. ”Kolaborasi ini akan memberi pertumbuhan bisnis dan penguatan brand, sekaligus memberi kemudahan dalam hal akses berbelanja kepada konsumen,” tegas Direktur Maxim Housewares Indonesia Stephanie Alim.

Peralatan memasak masuk kategori kebutuhan rumah tangga sekaligus menjadi top 5 kategori terpopuler sepanjang 2016. Sedang 30 item Ecopan telah dipasarkan sejak November 2016 telah mengalami growth 70 persen. Kerjasama berdurasi 1 tahun juga diwujudkan melalui premium srvice, aktivitas offline untuk pengembangan brand Ecopan serta pengukuran efektivitas dilakukan JD.ID.

Menyusul kerjasama itu, Stephani mematok sales Ecopan mampu tumbuh 50 persen setiap kuartal tahun ini. Pada dasarnya, ada kesamaan antara Ecopan dan JD.ID yaitu menyasar pasar premium. Berangkat dari kondisi itu, dua entitas itu lahir ide untuk menjalij kerjasama eksklusif sepanjang satu tahun. ”Semoga berbuah positif,” tambah Head Of Merchandasing Of Household Category JD.IDRamadhan Niendraputra. (far)

 

Editor : Wahyu Sakti Awan
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%