Kanker pada Anak, Pemerintah Tuntut Peran Aktif Orang Tua

Rabu, 22 Februari 2017 | 20:57
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Menteri Kesehatan Nila Moeloek. (sumber: vnews).
INDOPOS.CO.ID - Penyakit tak menular dalam bentuk kanker menyerang tanpa memandang bulu, termasuk pada mereka di usia dini. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan ada kanker darah, kanker bola mata dan kanker tulang yang jamak menyerang anak-anak. 
 
Oleh karenanya Pemerintah menuntut peran aktif keluarga merawat kesehatan anak mereka supaya tak terjangkit kanker.

"Kesehatan anak perlu mendapat perhatian khusus orang tua dan keluarga agar gejala kanker pada anak dapat dideteksi sedini mungkin, sehingga dapat dilakukan penanganan sesegera mungkin," ujar Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek saat Peringatan Hari Kanker Anak Sedunia, Rabu (22/2).

Peran aktif keluarga dalam tahap pencegahan dan penanggulangan sangatt diperlukan para penderita kanker anak-anak. Hal tersebut sangat berpengaruh dalam peningkatan presentase kesembuhan dan harapan hidup mereka. Selain itu edukasi secara menyeluruh juga harus didapat keluarga, sehingga tidak salah memperlakukan anak pengidap kanker.

Nah, di sini tugas masyarakat sebagai penyebar info yang bertanggungjawab sangat dibutuhkan. Jangan sampai keluarga yang membutuhkan info terkait kanker malah menjadi korban kabar palsu atau hoax. Selain menuntut masyarakat, Nila juga menyarankan agar keluarga dengan anak penderita kanker menggali info pada petugas kesehatan di Fasilitas Kesehatan (Faskes) terdekat.

"Kita perlu menginformasikan secara intensif dan terus menerus agar masyarakat mendapatkan informasi tentang kanker dari petugas kesehatan, bukan kepada pihak lain yang tidak berkompeten," imbuh Nila

Seperti diketahui, kanker merupakan salah satu masalah kesehatan utama di Indonesia karena biaya pengobatan yang masih tinggi dan akibatnya yang fatal, yakni bisa menjurus ke kematian. Untuk itu perlu sikap pencegahan atau preventif dengan membudayakan hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu olah raga secara teratur juga sangat diperlukan dalam menciptakan kekebalan tubuh sehingga tak mudah terserang penyakit. (adn)
Editor : Syahrir Lantoni
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%