Keliling Dunia Demi Mengenal Kopi

Sabtu, 15 April 2017 | 16:07
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Hendrick Hartono belajar lebih jauh tentang rasa kopi. Lulusan universitas di Australia ini juga menjadi pengusaha kopi.

INDOPOS.CO.ID - Pencinta kopi kini bukan lagi usia tua, tapi juga anak-anak muda. Tak sekadar minum, mereka juga memperkenalkan kopi Nusantara lewat seruputan. 

Itulah yang dilakukan Hendrick Hartono, di Cattura Espresso beberapa waktu yang lalu. ’’Indonesia punya beragam kopi. Sayang banget kalau nggak bisa menikmatinya dengan baik,’’ kata pria yang mendapat licensed Q Grader dari Specialty Coffee Association of Indonesia tersebut. 

Salah satu cara mengetahui karakter kopi adalah dengan cupping. Hendrick mempraktikkannya dengan menggunakan enam jenis kopi Indonesia. Yaitu, kopi asal Wamena, Papua; Flores; Toraja; Kintamani, Bali; Gayo, Aceh; dan Java Malabar. 

Dari cupping, penikmat bisa menghirup aroma, menyeruput, dan meneguk kopi. Hendrick mencontohkan kopi Java Malabar dengan takaran 8,25 gram. 

Setiap orang memiliki selera yang berbeda. Begitu pula saat mereka menilai rasa kopi. ’’Pendapat orang tidak ada yang salah. Cara merasakannya juga beda,’’ jelasnya. 

Sebab, untuk mengenal karakter kopi dengan benar, juga dibutuhkan proses. Tidak bisa dikatakan benar apabila baru mencoba satu dua kali saja. Jangan pula mendengarkan kata maupun pendapat orang lain. ’’Rasa kopi yang kita minum, ya kita sendiri yang tahu,’’ tegasnya. 

Hendrick mempelajari hal tersebut selama enam tahun terakhir. Bahkan, dia sudah berkeliling ke 40 negara untuk mencicipi kopi. (bri/c5/jan/sep/JPG)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%