Dumolid Legal jika dengan Resep Dokter

Sabtu, 12 Agustus 2017 | 14:27
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
UNTUK KEJIWAAN: Pemberian obat Dumolid biasanya dilakukan dokter psikiater atau yang menangani kejiwaan. Selain membuat kecanduan, Dumolid juga bisa menyebabkan gangguan susunan saraf pusat.

INDOPOS.CO.ID - DUMOLID adalah obat penenang jenis psikotropika golongan 4. Jika dipakai dalam jangka panjang dan tanpa resep dokter, efeknya bisa membuat seseorang kecanduan. Efek lainnya bisa menyebabkan gangguan susunan saraf pusat. Lalu kapan dan mengapa dunia medis memberikan obat ini pada pasien?

Pasien biasanya datang dengan mengeluhkan kecemasan, susah tidur, hingga depresi. Pemberian resep obat Dumolid diberikan pun tergantung dosisnya, tak sama untuk setiap pasien. Pemberian obat Dumolid biasanya dilakukan oleh dokter psikiater atau yang menangani kejiwaan. ”Dumolid itu antidepresan, obat untuk depresi,” tegas Psikiater RSUD Depok dr Diana Papayungan SpKJ kepada JawaPos.com (grup Indopos), belum lama ini.

Diana menegaskan obat Dumolid legal dikonsumsi jika sesuai resep dokter. Jika pasien memang terdiagnosa depresi, sejumlah psikiater meresepkan Dumolid untuk pasien. ”Pasti legal dong, jika diresepkan sesuai dengan indikasi medik. Artinya jika pasien terdiagnosa depresi, bisa saja dokternya memilih antidepresan jenis ini,” jelasnya.

Namun sebetulnya, kata Diana, masih banyak jenis antidepresan lain selain Dumolid. Dumolid memang sudah lama disalahgunakan oleh sejumlah orang sejak lama. ”Masih banyak jenis antidepresan lain, kalau Dumolid memang sudah lama digunakan salah (misuse) oleh orang-orang padahal nggak atas indikasi,” ungkap Diana.

Obat-obatan Dumolid adalah golongan obat penenang yang nama generiknya nitrazepam. Dumolid termasuk ke dalam kelas obat Benzodiazepin. (ika/JPC)

MENGENAL DUMOLID

  • Obat-obatan Dumolid adalah golongan obat penenang yang nama generiknya nitrazepam
  • Dumolid termasuk ke dalam kelas obat Benzodiazepin
  • Dumolid adalah obat penenang jenis psikotropika golongan 4
  • Jika dipakai dalam jangka panjang dan tanpa resep dokter, efeknya bisa membuat seseorang kecanduan
  • Efek lainnya bisa menyebabkan gangguan susunan saraf pusat

SEBAB DUMOLID DIBERIKAN KEPADA PASIEN

  1. Pasien biasanya datang dengan mengeluhkan kecemasan, susah tidur, hingga depresi
  2. Pemberian resep obat Dumolid diberikan pun tergantung dosisnya, tak sama untuk setiap pasien
  3. Pemberian obat Dumolid biasanya dilakukan oleh dokter psikiater atau yang menangani kejiwaan.
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%