Banggalah dengan Warna Kulitmu, Cantik Tak Harus Putih

Selasa, 15 Agustus 2017 | 22:51
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
MENGEJUTKAN: Survei yang dilakukan Clean & Clear terhadap 15 remaja perempuan. Foto: dewi maryani/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID-Masih banyak yang beranggapan bahwa cantik itu harus berkulit putih. Ada juga yang menganggap perempuan berkulit putih lebih sukses dalam karier dan percintaan dibandingkan mereka yang berkulit gelap. 

Hal ini juga dikuatkan sebuah survei yang dilakukan Clean & Clear terhadap 15 remaja perempuan yang diminta mengurutkan foto perempuan dengan kulit bervariasi yang dirasa paling cantik, dan menginspirasi.

''Hasilnya cukup mengejutkan. Sebagian besar remaja putri mengurutkan foto perempuan dengan kulit putih paling atas, baru disusul perempuan berkulit sawo matang atau gelap di urutan belakang,'' ujar Brand Manager Clean & Clear Yuni Sulistyo di Jakarta, Selasa (15/8).

Hal itu pun diakui oleh psikolog anak dan remaja Vera Itabiliana. Vera mengungkapkan, anggapan yang kadung berkembang ini jelas hanya sebuah mitos. ''Sayangnya, mitos ini terlanjur memengaruhi tingkat percaya diri para remaja, khususnya yang memiliki kulit cenderung gelap,'' kata wanita berkacamata ini.

Untuk mengubah persepsi ini, lanjutnya, memang tidak mudah. ''Diharapkan kita bisa membantu remaja melihat potensi lain dalam dirinya, sehingga dia nggak hanya memikirkan penampilan fisik, tapi membuat dia lebih positif dalam memandang dirinya sendiri,'' tandasnya.

Dibanding memikirkan warna kulit, ungkapnya, diutamakan merasa nyaman dengan dirinya sendiri, maka dia akan lebih tampil percaya diri dan terlihat cantik. ''Sebenarnya cantik tak terbatas pada penampilan fisik, tapi juga pengetahuan. Cantik kan luas, tidak hanya fisik. Justru kita harus yakinkan bahwa otak kamu berisi itu lebih kelihatan cantik, tidak hanya sekadar cover-nya saja yang cantik,'' tuturnya.

Untuk itu, Clean & Clear menggelar kampanye "Bangga Dengan Warna Kulitmu". Dengan kampanye ini, Yuni memaparkan, Clean & Clear mendorong remaja putri di Indonesia untuk bangga dengan warna kulit yang dimiliki. Menurut dia, remaja Indonesia punya kesempatan sama untuk sukses, apapun warna kulit yang mereka miliki. (dew)

 

Editor : Wahyu Sakti Awan
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%