Dicari Wajah Proporsional Pertama di Asia

Rabu, 30 Agustus 2017 | 19:48
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
CARI YANG CANTIK: Merz Aesthetics, perusahaan penyedia perawatan estetika nonbedah, melakukan pencarian wajah paling proporsional di Indonesia dan Asia. Foto: dewi maryani/indopos

INDOPOS.CO.ID-Ternyata,  ada rumus matematika untuk menentukan apakah seseorang memiliki wajah yang proporsional sehingga lebih enak dipandang. Rumus yang berlaku universal ini disebut juga dengan golden ratio.

Menurut penjelasan dr.Adri Dwi Prasetyo, Sp.KK, dalam otak manusia sudah memiliki program matematika tentang golden ratio. ''Golden ratio ini berlaku untuk mata semua orang. Jadi, kalau ada orang yang wajahnya proporsional, orang dari Afrika sampai Asia akan menilai orang tersebut cantik atau ganteng,'' tandasnya.

Pengukuran golden ratio ini memakai standar yang dibuat oleh Dr.Stephen Marguardt yang disebut dengan golden decagon, yaitu semacam topeng yang berisi garis-garis matematika wajah untuk mengukur panjang dan lebar ideal. 

Dari topeng golden ratio itu akan diketahui jarak ideal antara alis kanan dan kiri, dari bagian pipi paling kiri ke kanan, atau pun dari bagian tengah wajah yang proporsional. Jika sesuai dengan rumusan tersebut, maka setiap orang akan melihat orang tersebut cantik atau tampan.

Nah, ingin mencari wajah proporsional ala Indonesia dan Asia, Merz Aesthetics, perusahaan penyedia perawatan estetika nonbedah, melakukan pencarian wajah paling proporsional di Indonesia dan Asia. Pencarian kandidat ini sudah dimulai sejak Juli 2017 sampai 30 September 2017.

Ajang MAAT Golden Ratio Search diklaim sebagai yang pertama di Asia. Selain Indonesia, pencarian ini dilakukan di sembilan negara Asia, yaitu Hongkong, India, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

''Golden rasio bisa kita lihat dari wajah para aktor dan aktris. Secara universal, orang dari Afrika sampai Asia akan melihat mereka cantik. Ini karena di otak setiap manusia sudah ada program matematis tentang golden ratio,'' terangnya.

Adri menambahkan, kandidat yang dipilih bukan berarti harus memiliki wajah simetris. ''Kami bukan mencari yang sempurna atau seragam, tapi memenuhi kaidah matematika untuk wajah proporsional,'' tambahnya.

General Manager Merz Indonesia Ricardo Manolotomenjelaskan,pencarian the golden ratio ini menunjukkan bahwa wajah proporsional tidak memandang suku atau batas geografis. ''Ini bukan ajang kecantikan. Ajang pencarian ini untuk mencari pedoman perawatan kecantikan yang sesuai dengan proporsi wajah seseorang,'' tukasnya.

Kandidat yang terpilih akan menjadi pedoman untuk memberi pemahaman pada wanita tentang proporsi dan daya tarik wajah. 

Peserta dalam ajang MAAT Golden Ratio Search ini terbuka untuk wanita berusia di atas 21 tahun yang berdomisili di Indonesia. Syarat yang harus dipenuhi adalah belum pernah melakukan operasi plastik atau tindakan estetika nonbedah di tahun 2017. 

Peserta bisa mengunggah foto diri ke www.goldenratiosearch.com. Foto yang dikirimkan juga tidak boleh diedit secara digital. 

Kandidat yang terpilih dengan wajah paling proporsional akan berkumpul bersama kandidat dari sembilan negara lain dalam acara 38 Annual Meeting of the International Society for Dermatology Surgery (ISDS) di Bangkok, Thailand, pada bulan November 2017. Kandidat yang terpilih mewakili Indonesia akan mendapatkan uang saku sebesar USD 3 ribu. (dew)

 

Editor : Wahyu Sakti Awan
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%