Selain Perkuat Tulang, ini Manfaat Baik Vitamin D

Jumat, 01 September 2017 | 13:37
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Foto : Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Banyak fungsi yang bisa Anda dapatkan dari vitamin A, B, C, D, E, K. Semua vitamin tersebut sebagian besar terdapat dalam makanan yang berbentuk sayur dan buah yang biasa Anda konsumsi sehari-hari.

Salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh Anda adalah vitamin D. Manfaat vitamin D sangat banyak bagi Anda.

Secara umum vitamin D berfungsi sebagai pembentukan tulang dan gigi manusia agar lebih baik dan kuat.

Vitamin D bisa Anda temukan pada makanan, seperti ikan tuna, tomat, biji bunga matahari, minyak ikan, brokoli dan sayuran hijau lainnya. Bahkan, sinar matahari pagi juga mengandung vitamin D yang sangat dibutuhkan tubuh.

Langkah itu dibenarkan karena sinar matahari pagi baik untuk pertumbuhan tulang terutama untuk anak batita (bawah tiga tahun). Namun, harus diketahui jangan sampai berjemur di atas jam 8 karena sengatannya sudah mulai panas.

Dan batita cukup dijemur sekitar 30 menit saja dan jangan terlalu lama karena fungsi kulitnya belum sempurna.

Itulah salah satu manfaat vitamin D. Berikut beberapa manfaat vitamin D lainnya yang bisa Anda ketahui, seperti dilansir laman India Times, Rabu (30/8).

1. Mengurangi nafsu makan

Vitamin D telah terbukti memicu produksi hormon leptin, yaitu hormon yang bertanggung jawab memberi sinyal ke otak dan perut Anda yang telah merasa kenyang.

2. Membantu otot berfungsi lebih baik

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa ada hubungan antara vitamin D dan fungsi otot. Tingkat vitamin D yang rendah bisa menyebabkan kelelahan otot.

3. Membantu mencegah flu musiman

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition, para peneliti mempelajari hampir 167 anak sekolah untuk mengetahui apakah vitamin D mengurangi terjadinya flu.

Para ilmuwan menyimpulkan bahwa suplementasi vitamin D3 memang membantu anak-anak tersebut dan mengurangi kejadian flu.

4. Membantu melindungi DNA Anda

Vitamin D bertanggung jawab atas setidaknya 2.000 gen di tubuh kita, sehingga mendapatkan jumlah yang cukup dari vitamin tersebut membantu dalam berfungsinya gen tersebut dan melindungi dari potensi kerusakan.

5. Mengurangi resiko penyakit jantung

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal medis Circulation tahun 1739, peneliti menemukan bahwa kekurangan vitamin D bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Jika Anda ingin mencegah penyakit jantung maka penting untuk memperbaiki kekurangannya.

5. Menurunkan tekanan darah

Sebuah studi yang dilakukan oleh American Heart Association menemukan bahwa defisiensi vitamin D pada wanita pramenopause meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi bahkan bertahun-tahun kemudian.

6. Mengurangi obesitas

Dalam sebuah penelitian di Universitas Aberdeen, para ilmuwan menemukan bahwa wanita dengan indeks massa tubuh tertinggi (BMI) juga memiliki kadar vitamin D terendah, menunjukkan adanya hubungan antara obesitas dan kekurangan vitamin D.(fny/jpnn)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%