Waspada Polusi Udara Bikin Rambut Rontok

Tipsnya Rajin Gunakan Kondisioner

Selasa, 26 September 2017 | 22:30
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Foto : Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Polusi udara, terutama di kota besar tidak lagi bisa dihindari. Tidak saja berbahaya bagi kesehatan tubuh, polusi juga bagi kecantikan kulit termasuk rambut. Polusi udara merupakan zat beracun yang mempercepat proses penuaan dini terhadap manusia. Selain menyebabkan keriput dan bintik hitam pada kulit, polusi juga mengakibatkan rambut kehilangan nutrisi serta menyebabkan kerontokan.

Beberapa permasalahan yang sering dialami oleh rambut akibat polusi udara ialah lepek, kering, kusam, dan rontok. Rambut rontok atau alopesia sebenarnya merupakan hal normal jika rambut yang rontok per hari tak lebih dari 100 helai.

Menurut Principal Scientist P&G Hair Care Asia Pasifik Saint Tiu banyak faktor yang menyebabkan kerontokan rambut, salah satunya adalah polusi. Tiu mengungkapkan, kerontokan rambut yang sehat dengan rambut yang tidak sehat dapat dibedakan. ''Sebenarnya ada dua jenis kerontokan rambut, normal dan tidak normal. Kerontokan rambut normal berjumlah 50-100 helai per hari. Sedangkan kerontokan rambut tidak normal lebih dari jumlah tersebut,'' ujar Tiu.

Dia menambahkan, kerontokan rambut yang tidak normal tidak dimulai dari akar rambut, malainkan rambut patah di tengah atau di ujung. ''Rontok yang tidak normal biasanya disebabkan rambut rapuh sehingga menyebabkan rambut patah di tengah. Sedangakan rontok yang normal rambut gugur dari akarnya,'' tandasnya.

Untuk mengatasi hal itu, Pantene mengeluarkan kampanye terbarunya yang bertajuk #kuatlawanpolusi dengan menghadirkan perlindungan khusus untuk melawan rambut rontok, terdiri dari shampoo Pantene Hair Fall Control dan kondisioner 3 Minute Miracle Hair Fall Control.

Lantas, bagaimana cara mengurangi kerusakan pada rambut? Berikut tipsnya dari Miss Shoppie INDOPOS. Pertama, gunakan sampo yang dapat mencegah kerusakan untuk melindungi rambut, dan mencegah pembentukan mineral yang dapat merusak rambut. Pantene Shampoo Hair Fall Control dirancang untuk mengurangi rambut rontok dengan kandungan bermanfaat yang berukuran lebih kecil dari partikel debu sehingga meresap lebih mudah ke dalam rambut dan mampu membuang zat-zat berbahaya yang merusak rambut. Dengan menggunakan Pantene Shampoo Hair Fall Control akan memperkuat rambut dari dalam dan luar, dari akar sampai ke ujung. Rambut rontok berkurang hingga 98 persen.

Setelah itu, gunakan kondisioner Pantene 3 Minute Miracle. Oleskan dari tengah hingga ke ujung rambut untuk mengurangi stres akibat penataan rambut. Penggunaan kondisioner bermanfaat untuk mengurangi stres pada rambut yang disebabkan karena penataan.

Kondisioner Pantene 3 Minute Miracle diklaim mampu mengurangi kerontokan rambut. Sementara, untuk rambut berwarna, gunakan sampo dan kondisioner berformula khusus agar dapat mengontrol kerusakan rambut. Pantene memiliki lapisan tambahan yang mengandung antioksidan untuk membantu mencegah penggumpalan mineral yang dapat merusak rambut.

Selesai keramas, balut rambut yang masih basah dengan handuk agar air dan kelembaban pada rambut terserap hingga kering. Hindari menggunakan handuk untuk mengeringkan rambut dengan kasar karena dapat merusaknya. Gunakan sisir bergigi lebar agar lebih mudah menyisir bagian yang kusut. Hindari menarik sisir saat menemukan rambut kusut karena akan merusak rambut. (dew)

Langkah Cegah Rambut Rontok

1. Gunakan sampo yang dapat mencegah kerusakan untuk melindungi rambut, dan mencegah pembentukan mineral yang dapat merusak rambut.

2. Setelah itu, gunakan kondisioner Pantene 3 Minute Miracle. Oleskan dari tengah hingga ke ujung rambut untuk mengurangi stres akibat penataan rambut. Sementara, untuk rambut berwarna, gunakan sampo dan kondisioner berformula khusus agar dapat mengontrol kerusakan rambut.

3. Selesai keramas, balut rambut yang masih basah dengan handuk agar air dan kelembaban pada rambut terserap hingga kering. Hindari menggunakan handuk untuk mengeringkan rambut dengan kasar karena dapat merusaknya.

4. Gunakan sisir bergigi lebar agar lebih mudah menyisir bagian yang kusut. Hindari menarik sisir saat menemukan rambut kusut karena akan merusak rambut.

 

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%