Nikmati Cwie Mie Malang di Kota Patriot

Kamis, 28 September 2017 | 15:05
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share

INDOPOS.CO.ID - Ngidam kuliner khas Malang? nggak perlu jauh-jauh ke Malang. Di Jakarta banyak tempat makan yang menyediakan kuliner khas Malang. Bahkan pekan ini, makanan tersebut ada di event Festival Kuliner Bekasi (FKB) 2017 di Summarecon Mal Bekasi.

Salah satunya Cwie Mie Malang !! Pemilik Cwie Mie Malang Regia, Elvira Tjandra mengatakan, pada dasarnya hidangan ini adalah mi ayam khas Malang, Jawa Timur. Cwie dalam bahasa Tionghoa berarti air. Jadi cwie mie adalah mi ayam yang diguyur kuah.

Vira menuturkan, sebenarnya cwie mie buatannya berasal dari resep turun-temurun keluarganya. ”Awalnya di Malang kami nggak membuka restoran. Hanya mendapat pesanan dari keluarga dekat,” ujarnya.

Nah, baru pada 2010, saat Vira kuliah di salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta mulai membangun bisnis ini dari bazar ke bazar. ”Setelah itu baru buka restoran di Bintaro dan Summarecon Digital Center, Gading Serpong. Tapi yang buka hanya di Gading Serpong, di Bintaro sudah tutup karena kami kembali ke konsep awal yakni dari bazar ke bazar.

Beda mi ayam khas Malang ini dengan mi ayam lainnya adalah toping ayam bukan menggunakan potongan ayam yang dimasak bersama bumbu kecap. Melainkan ayam giling.

Teksturnya nyaris seperti abon tapi lebih kasar. Saat disiram kuah beningnya, gilingan ayam nan gurih itu larut ke dalam kuah. Namun member rasa ayam beserta kaldu yang kuat. Seporsi cwie mie lebih nikmat dimakan bersama acar. (fch)

Bahan-bahan

  1. Mie basah
  2. Sawi hijau
  3. 1/4 kg daging ayam giling
  4. bawang goreng
  5. daun bawang muda (potong kecil2 halus)
  6. krupuk pangsit (pelengkap)
  7. bumbu halus
  8. 5 siung bawang merah
  9. 6 siung bawang putih
  10. merica
  11. garam
  12. bumbu pelengkap
  13. jahe (cukup di geprek saja,besarnya dikira2 saja)
  14. secukupnya saus tiram
  15. secukupnya minyak wijen

Langkah

  1. Pertama-tama kita buat minyak ayamnya dulu. haluskan bawang merah+bawang putih +merica+garam. Tumis bumbu halus bersama minyak goreng. Minyak goreng untuk menumis agak banyak, supaya bisa tercampur sama ayam yang ditumis
  2. Setelah bumbu halusnya ditumis sampai harum. masukan daging ayam giling. di cacah juga boleh. klo bisa dicampur sama cacahan kulit ayam supaya kluar minyak ayamnya hehehe
  3. Setelah ditumis sampe berubah warna dan matang. masukan gula sedikit. jahe geprek. saus tiram. minyak wijen. penyedap rasa
  4. Setelah matang sempurna, saring minyaknya di wadah sendiri. Ayamnya taruh di wadah yang lain
  5. Saatnya meracik mie pangsit. siapkan mangkok kosong, ambil 2 sedok minyak ayam yang  sudah matang. Ditambah sedikit merica. sedikit garam. aduk rata dan tunggu
  6. Rebus air, setelah mendidih rebus sayuran sawi terlebih dahulu. boleh beda panci. satu merebus sawi,satunya merebus mie basahnya.
  7. Setelah sayur matang,sisihkan. kemudian setelah mie direbus dan matang,masukan mie tersebut ke dalam mangkok yang sudah ada campuran minyak ayamnya. Aduk rata. kalau mau agak berkuah bisa diberi air rebusan mie.
  8. Setelah tercampur rata, masukan sawi matangnya. kemudian taburi ayam giling yang tadi sudah ditumis. taburi bawang goreng. tabri daun bawang muda. beri krupuk pangsit
  9. cwie mie / mie pangsit dinikmatin
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%