Steak Salmon Makin Menarik Dengan Taburan Salad Khas Itali

Jumat, 06 Oktober 2017 | 14:40
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share

INDOPOS.CO.ID - Steak Salmon merupakan sajian wajib diberbagai hotel berbintang yang mengadaptasi dari kuliner negeri Eropa. Tekstur daging yang kenyal lembut dengan citarasa gurih dan sedikit manis menjadi daya tarik penikmat kuliner. Belum lagi kandungan Omega 3 yang mampu meningkatkan sistem imun, baik jantung, mencerdaskan otak dan menjaga kesehatan mata.

Di GH Universal Bandung Jl Setiabudhi, Salmon diolah menjadi steak dengan menggunakan bumbu sederhana. Salmon dimarinated (dibumbui) dengan garam dan merica hitam halus. Merica hitam memberikan rasa yang lebih kuat dari merica putih.

Selain ditambahkan bawang putih halus dan rosemary sebagai penambah aroma dan rasa. Rosemary merupakan jenis bumbu berbentuk daun yang ukurannya halus dengan aroma wangi yang khas.

Di Indonesia dijumpai dalam bentuk segar dan kering,berupa serpihan halus. Rosemary segar aroma dan rasanya lebih kuat daripada yang bubuk,  harganya jauh lebih mahal dari yang berbentuk bubuk. "Bagian kulit dimanfaatkan untuk membuat keripik kulit ikan salmon. Bagian kepala, ekor dan tulang digunakan untuk olahan berkuah diantaranya sup asam pedas salmon," kata Chef Anton.

Bagi Chef Anton Kuswendi, olahan salmon tidak memerlukan bumbu yang rasanya terlalu kuat, karena rasanya sudah lezat, creamy. Cukup menggunakan garam dan merica hitam. Proses memasaknya pun juga harus cepat,  agar sari daging salmon tidak hilang, tekstur daging setelah matang tetap lembut dan tidak keras. Dan rasanya lezat. Waktu memasak salmon yang berukuran 150-170 gram perporsi, berkisar 4-6 menit.

Proses marinated dilakukan selama 5-10 menit, kemudian salmon di masak dengan menggunakan minyak zaitun dalam jumlah sedikit. Menggoreng dengan minyak sedikit lazim digunakan untuk olahan steak dan harus menggunakan penggorengan datar anti lengket agar tingkat kematangan steak merata dan warnanya menarik.

Sewaktu menggoreng, chef Anton menambahkan sedikit mentega tawar agar rasa salmon kian lezat. Steak salmon disajikan dengan salad yang bahannya terdiri dari selada air, alfafa sprout atau tauge yang baru muncul tunas yang dikenal dengan nama tauge jepang. Agar lebih menarik, hiasannya menggunakan edible flower, sebuah jenis bunga alami yang digunakan sebagai hiasan makanan dan dapat dimakan.

Steak Salmon dipadukan dengan saus salad menggunakan jenis balsamic vinegar, saus salad khas Italia yang rasanya asam segar. Balsamic vinegar terbuat dari anggur yang difermentasi. Semakin tua usia saus, akan semakin kuat aroma dan rasanya. Saus putih yang digunakan untuk steak salmon terbuat dari tumisan bawang bombay dan bawang putih cincang, krim, garam, parsley cincang, sari jeruk lemon. Rasanya gurih sedap.

Olahan Steak Salmon tersaji harmonis, rasa salmon yang jauh lebih kuat dengan penyeimbang dari saus putih yang berfungsi sebagai penyempurna kelezatan. Salad sebagai pelengkap nutrisi salmon sekaligus sebagai penetralisir rasa ikan. Tekstur ikan tersaji lembut dengan juicy yang masih ada. Penggunaan bumbu dan waktu memasak yang tepat serta pemilihan jenis ikan salmon berkualitas, menghasilkan olahan lezat yang sempurna. Dan yang perlu diingat, steak salmon harus dinikmati dalam keadaan hangat. (ham)
 

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
100%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%