Chicken D’Oasis, Menu Luar yang Bikin Pribumi Ketagihan

Kamis, 12 Oktober 2017 | 10:12
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share

INDOPOS.CO.ID - Tak hanya lihat meramu makanan lokal. Chef Usman pun jago meracik Menu western. Salah satunya adalah Chicken D’Oasis. Meski berbauh luar, namun Chef Usman mampun membuat lidah pribumi ketagihan dengan menu ini

Anda bisa mengkesplor berbagai jenis bahan dengan racikan praktis. Chef Usman yang memiliki pengalaman meracik menu western mengatakan masakan menu western merupakan menu sehari-hari yang biasa disajikan di dapur rumah.

Tidak semua menu mereka praktis, sebagian ada yang tingkat kesulitannya sama dengan menu Nusantara. Menggunakan bumbu dan rempah segar dalam jumlah banyak, ini yang kemudian dikenal dengan istilah home made atau yang dimasak ala rumahan.

Menu home made ini resepnya diturunkan dari generasi ke generasi dan kerapkali dijadikan bawaan pada pot luck party, pesta dengan makanan rumahan di rumah saudara atau sekelompok teman secara bergiliran. Mirip acara arisan. Di acara pot luck party 1 jenis menu bisa terasa dan tersaji berbeda sesuai dengan resep warisan dan kreatifitas nyonya rumah yang memasak.

Menu western klasik menggunakan bahan-bahan alami seperti daging, seafood dengan bumbu dasar garam, merica hitam, bawang bombay dan krim. Menu western rumahan lebih mengutamakan rasa alami dari bahan utama, karena unsur rasa dasar diantaranya rasa manis dan gurih bisa didapat dari penggunaan bahan alami. Mereka sangat mengagungkan  kualitas bahan makanan alami, terlebih yang diproduksi secara organik.

Walau demikian, banyak pula makanan western yang mengutamakan kepraktisan, diolah dengan menggunakan bumbu dasar dengan topping keju cair. Hal ini kemudian diadaptasi oleh chef bereputasi Internasional dengan diperkenalkannya menu western di berbagai tempat seperti cafe dan resto.

 Menu-menu tersebut sangat mendunia dan sebagian digemari dalam waktu terbatas. Walau digemari, orang Indonesia tak kan pernah sanggup untuk mengkonsumsinya setiap hari, layaknya konsumsi menu Nusantara. Karena menu western cenderung monoton dari olahan dan rasa. Rasa lebih cenderung datar.  dominasi dari rasa gurih yang kuat, asin dan sedikit pedas.

Namun untuk momen tertentu seperti ulang tahun, hari besar keagamaan atau moment spesial lainnya, Menu western dijadikan pilihan mendampingi menu Nusantara karena dianggap mampu menaikkan gengsi. Ini image yang tumbuh di masyarakat loh. Ambil hikmah saja, bagi Anda yang memiliki anak penggemar menu western dan lebih sering mengkonsumsinya di luar.

Menurut Chef Usman menu western populer di Indonesia dapat dihadirkan sendiri di dapur Anda. Inspirasi Chicken D’Oasis dapat dibuat dengan mudah. (ham)
 

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%