Chocolate Lava Cake, Sensasi Rasa yang Tak Pernah Berakhir

Kamis, 12 Oktober 2017 | 10:45
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share

INDOPOS.CO.ID - Menikmati sepotong lava cake di hotel Oasis Bandung, pengalaman akan  keberagaman dessert berbahan dasar cokelat seolah telah disempurnakan. Sepotong kue cokelat tersaji hangat dengan “bonus” cairan cokelat yang keluar dari dalam cake. Dan  pelengkap berupa irisan buah segar dan  es krim mampu menyuguhkan harmoni rasa dari panas ke dingin dan dari manis ke asam.

Chocolate Lava Cake atau dikenal pula dengan nama Molten Cake diidentikkan dengan gunung berapi dengan kandungan lava panas. Seperti itulah penyajian cake cokelat yang umumnya dicetak bundar kecil diameter 6 atau 7 cm. Tampilannya terlihat biasa. Seperti brownies, kue ini diciptakan secara tidak sengaja dari proses pemanggangan cake cokelat yang tidak sempurna.

Ceritanya seorang pastry chef tengah membuat adonan cake cokelat istimewa. Karena lalai menggunakan temperatur dan waktu memanggang, cake matang di luar tetapi mentah di dalam. Adonan cokelat belum membeku dan masih berupa cairan. Namun di tangan sang chef profesional penemuan tak sengaja ini kemudian dikembangkan dengan mempertahankan lelehan cokelat di dalam kue. Chocolate Lava Cake dikelompokkan ke dalam puding panas. Puding panas merupakan jenis hidangan penutup yang terbuat dari bahan dasar susu dan telur dengan beragam bahan tambahan sesuai resep. Puding panas harus disantap dalam keadaan panas.

Chocolate Lava Cake kemudian menjadi signature dish sajian dessert di gerai coffee shop bergengsi. Bahan untuk membuat kue ini terbilang biasa terdiri dari telur, gula pasir, mentega, tepung terigu dan dark cooking chocolate. Mengutamakan pada  teknik pembuatan untuk menghasilkan lelehan cokelat panas, diantaranya dengan memasukkan adonan cokelat setengah mengeras ke bagian tengah cake cokelat. Proses selanjutnya memanggang cake dengan temperatur dan waktu yang tepat. Temperatur oven berkisar 190 derajat C dengan waktu memanggang 13 menit. Sehingga ketika disajikan,

“Bagian cokelat setengah mengeras yang dimasukkan ke dalam cake akan cair dan meleleh ke luar. Jika dipanggang terlalu lama, adonan cake akan mengeras,” kata Pastry Chef Usman dari hotel Oasis.

Penggunaan cokelat dan lemak bermutu akan menghasilkan cake dengan aroma sedap, tekstur lembut dan rasa lezat. Disajikan dan harus disantap selagi hangat karena cokelat di bagian dalam masih berbentuk cairan, jika sudah dalam keadaan dingin. Cokelat akan membeku. “Untuk menetralisir rasa cokelat, ada yang menambahkan irisan buah segar, saus buah atau es krim. Selain mampu memberikan  sensasi rasa yang tidak pernah akan berakhir,” kata Chef Usman. (ham)

 

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%