Tak Cuma Hiasan, Berlian Juga Bisa Jadi Investasi

Selasa, 24 Oktober 2017 | 16:05
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Berlian

INDOPOS.CO.ID - Bukan hanya sebagai kesayangan kaum wanita, berlian kerap dijadikan sebagai wujud investasi yang menguntungkan. Batu mulia ini memiliki kilau dan pesona yang tak lekang oleh waktu, maka tidaklah mengherankan jika berlian begitu digilai kaum hawa.

Pesona berlian tak terhenti sebatas wujud indahnya saja. Jika dibandingkan dengan emas dan valas, berlian bisa dikatakan sebagai investasi yang paling aman karena pergerakan harganya yang stabil dan tak mudah berubah.

Patokan harga berlian internasional ditentukan oleh Rapaport Diamond Report, yang dirilis setiap hari Jumat. Jadi yang pertama di dunia, Rapaport bertugas mewakili mata pelanggan untuk menilai harga berlian.

Namun, ada hal penting yang wajib diketahui sebelum memutuskan berkecimpung dalam dunia investasi berlian. Berlian bukanlah pilihan tepat jika yang kamu incar adalah keuntungan besar. Berbeda dengan emas batangan atau logam mulia, berlian merupakan aset yang bisa dipamerkan setiap saat.

Melihat itu, PT Central Mega Kencana yang menaungi merek ritel perhiasan ternama seperti Frank&Co, Mondial Jeweler, Miss Mondial Jeweler dan The Palace Jeweler, mengajak masyarakat mengenal lebih dalam tentang perhiasan berlian.

Pada edukasi yang diadakan dalam rangka pameran Greatest Love Jewelery Fair yang berakhir 29 Oktober 2017 di Central Park, PT CMK mengajak masyarakat untuk lebih mengenal variasi berlian yang terdapat di pasaran dan bijak dalam memilih perhiasan berlian.

Dalam menilai kualitas suatu berlian, dikenal konsep 4C yang umum dijadikan pedoman dalam menentukan nilai dan harga berlian. Konsep 4C yakni clarity atau kejernihan dari berlian yang dapat dilihat dengan alat pembesaran diamond (loop) , cut atau bentuk potongan / asahan dari berlian tersebut, color atau warna berlian yang terlihat baik dengan alat ataupun dengan mata langsung, dan juga berat carat yang menjadi hitungan berat pada berlian.

Dalam memilih berlian, selain 4C masyarakat juga harus mengetahui apakah berlian tersebut merupakan berlian natural atau berlian sintetis. ''Berlian natural adalah jenis berlian yang sudah umum dipakai oleh masyarakat dan diperoleh melalui proses penambangan. Harga berlian natural cenderung lebih tinggi karena proses perolehan dan pengerjaan yang cukup rumit dan memakan waktu. Saat melakukan pembelian berlian natural, masyarakat akan mendapatkan kilau keindahan berlian dan bentuk warisan yang bisa diturunkan,'' ujar Devi Chayadi selaku GG, AJP Gemologist PT Central Mega Kencana.

Devi menjelaskan lebih lanjut, berlian sintetis atau lab grown diamond merupakan jenis berlian yang dapat diproduksi ataupun dikembangkan melalui laboratorium. Berlian sintetis memiliki komposisi mineral yang sama dan sangatlah mirip dengan berlian natural. ''Namun dalam nilai-nya secara moneter, harga berlian sintetis cenderung lebih rendah 30-40 persen karena berlian sintetis dapat diproduksi secara massal. Harga berlian sintetis pun akan menurun drastis saat penjualan,'' tukasnya.

COO PT Central Mega Kencana Petronella Soan mengatakan untuk memastikan berlian yang diperoleh adalah berlian natural, masyarakat disarankan untuk membeli dari sumber yang terpercaya dan melakukan inspeksi saksama terhadap berlian yang akan dibeli. ''Selain itu, masyarakat juga dapat meminta sertifikasi ataupun laporan dari laboratorium untuk memastikan berlian yang diperoleh adalah berlian natural. Kami memiliki komitmen untuk selalu menyediakan perhiasan dengan kualitas terbaik dengan hanya menyajikan varian berlian natural berkualitas tinggi dan bersertifikat,'' imbuhnya. (dew)

Tips Pilih Berlian

  1. 1.       CUT / Asahan
  2. 2.       Pantulan terhadap cahaya

• Kecerahan: Cahaya putih internal dan eksternal tercermin dari berlian

• Api: Terangnya cahaya putih ke semua warna pelangi

• Kilat: Jumlah kilau yang dihasilkan berlian, dan pola area terang dan gelap yang disebabkan oleh pantulan di dalam berlian.

  1. 3.       COLOR / Warna
  2. 4.       CLARITY / Kejernihan
  3. 5.       CARAT / Berat Carat

Sumber : Gemologist Devi Chayadi

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%