Ingin Berhenti Merokok? Cobalah 10 Cara Sederhana Ini

Minggu, 05 November 2017 | 11:31
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Mencintai tubuh bisa dilakukan dengan cara yang sederhana, salah satunya berhenti merokok. Memang tak mudah seperti niat yang diucapkan. Namun sebetulnya bisa dilalui jika memang sudah memiliki tekad yang kuat. Seluruh fungsi organ tubuh akan menjadi lebih sehat ketika berhenti merokok, terutama jantung.

Merokok adalah salah satu faktor risiko dari banyak penyakit. Padahal, menurut survei, rokok memakan waktu hidup ribuan orang di seluruh dunia, setiap tahun. Merokok membuat tubuh tercemar nikotin yang sangat berbahaya. Ketika seseorang merokok, paru-parunya sangat terpengaruh, karena dipenuhi tar nikotin.

Ancaman bisa terjadi pada gangguan pernapasan, penyakit paru-paru, kanker paru-paru, ulkus mulut, gangguan pencernaan, disfungsi ereksi, ketidaksuburan, depresi, dan jantung.

Sayangnya, kecanduan psikologis, begitu juga dengan fisiologis, jadi sangat sulit bagi perokok untuk berhenti merokok. Jadi, banyak orang mencoba berhenti merokok, tapi sia-sia. Boldsky, Minggu (5/11) membantu para perokok dengan 10 cara sederhana untuk mulai berhenti merokok.

1. Buat Daftar Mengapa Suka Merokok. 
Pertama, buatlah daftar alasan mengapa suka merokok dan mengapa merokok membuat seseorang merasa nyaman.

2. Buat Daftar Mengapa Ingin Berhenti. 
Buat daftar alasan lain mengapa ingin berhenti merokok. Misalnya, bagaimana hal itu memengaruhi kesehatan dan bagaimana hal itu memengaruhi orang-orang di sekitar. Wajib dibaca setiap hari agar mendapatkan dorongan untuk berhenti merokok.

3. Hindari Membeli Paket Rokok. 
Secara keseluruhan cara lain yang efektif untuk berhenti merokok adalah dengan menghindari membeli bungkus rokok dalam jumlah besar dan cukup beli satu atau dua batang rokok saja. Kebiasaan ini bisa mengontrol jumlah rokok dalam sehari.

4. Daftar Waktu Saat Merokok. 
Buatlah bagan pada waktu-waktu tertentu dalam sehari untuk merokok. Kebiasaan ini akan memberi gambaran tentang kapan jadwal merokok dan mencari cara lain untuk mengalihkan perhatian jika tak merokok.

5. Kembangkan Hobi Baru. 
Kembangkan hobi dan aktivitas baru yang dapat mengalihkan perhatian, saat keinginan untuk merokok menyerang. Pergi ke gym, jogging, membaca, bergaul dengan teman-teman yang tidak merokok, adalah beberapa hal yang dapat dipertimbangkan.

6. Mood yang Baik. 
Penelitian terbaru menemukan bahwa saat mencoba berhenti merokok sebaiknya berada dalam suasana hati yang baik. Maka hal itu cenderung bekerja dengan lebih efektif, daripada mencoba untuk menghentikan kebiasaan ini saat mengalami depresi.

7. Hemat. 
Masukkan semua uang yang telah terselamatkan dari tidak membeli rokok ke dalam toples. Pada akhir bulan, uang tersebut bisa digunakan untuk membeli barang yang diidamkan. Maka hal itu akan lebih bermanfaat.

8. Bawa Makanan Sehat. 
Bawa sebungkus cemilan sehat seperti kacang atau buah setiap kali mendapatkan dorongan untuk merokok agar dapat mengurangi hasrat.

9. Hindari Bergabung dengan Rekan Kerja Saat Merokok. 
Sesama rekan kerja banyak yang menjadi perokok. Sehingga jangan bergabung dengan mereka saat sedang merokok karena akan memicu kebiasaan tersebut.

10. Buat Daftar Semua Bahaya Merokok. 
Buat daftar semua bahaya kesehatan akibat merokok dan letakkan di kamar tidur serta meja kerja. Sehingga hal itu bisa mendorong untuk berhenti merokok. (jpg)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%