Mencicipi Beragam Kue Tanpa Bahan Pewarna dan dari Bahan Lokal di Nature Cakes

Senin, 06 November 2017 | 21:58
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
SEHAT: Semua produk kue yang dihasilkan Nature Cakes, jenis healty food ( makanan sehat) karena tidak menggunakan bahan pengawet

INDOPOS.CO.ID - Kue seperti cup cake, muffin hingga brownies, menjadi salah satu jenis penganan yang digemari banyak kalangan.  Untuk urusan ini, Nature Cakes punya jurus khusus.

Biasanya makanan yang dibuat  menggunakan tepung, gula, dan  telur ini, agar terlihat lebih  menarik ditambahkan bahan pewarna. Namun, bila ingin menyantap kue yang tanpa bahan pewarna, coba saja berkunjung ke Nature Cakes  di Jalan Patimura Nomor 56 Denpasar. Seperti apa, dan apa saja jenis makanan yang disediakan di Nature Cakes ini?

Operational Manager Nature Cakes, Mahay Julia mengatakan,  Nature Cakes adalah salah satu toko kue di Denpasar yang menyediakan kue berbahan dasar alami. “Di toko kami, jenis kue yang kami sediakan adalah kue dengan bahan alami. Kami tidak menggunakan pewarna ataupun bahan tambahan kimia,” jelasnya kepada Bali Express (Jawa Pos Group), kemarin.

Memasuki cake shop ini, pelanggannya akan disambut dengan suasana sangat feminim,  karena seluruh ruangan dicat  pink, termasuk kursi dan mejanya.

Salah satu jenis cake andalan dari Nature Cakes adalah brownies nangka. Sesuai dengan namanya, brownies yang memiliki tampilan seperti kue lapis Surabaya ini, menggunakan buah nangka sebagai bahan utamanya.

Selain mampu memberikan citarasa yang unik,  lanjut Julia, penggunaan juice nangka juga berfungsi sebagai pewarna alami.

" Brownies ini memiliki dua warna, yakni kuning dari buah nangka dan dipadukan dengan layer berwarna coklat," terangnya.

Dikatakan Julia,  brownies ini memiliki citarasa yang khas, yakni perpaduan manis dan harumnya buah nangka yang dikombinasikan dengan rasa dark chocholate yang ringan. “Rasa dan warna brownies ini memang tidak secerah warna kue yang menggunakan pewarna buatan. Namun, kue ini sangat sehat karena tidak ada bahan tambahan kimia,” paparnya.

Untuk mempercantik tampilan,  brownies nangka  dihiasi dengan beragam jenis topping. Mulai dari buah-buahan lokal hingga kacang-kacangan yang rendah lemak.

Selain brownies yang menggunakan buah nangka, ada juga  kue  menggunakan bahan alami  dari ubi ungu. “Karena warnanya ungu, sejumlah orang  memvonis ubi ini tidak bagus untuk dikonsumsi. 

"Setelah ada penelitian dan menyatakan kandungan antioksidan dalam ubi ini cukup tinggi, akhirnya konsumsi ubi ungu sangat booming.  Namun, kami membuat brownies ubi ungu bukan karena itu, tetapi lebih pada manfaat kesehatannya,” paparnya.

Karena bahan baku yang digunakan berasal dari bahan alami dan tidak menggunakan bahan tambahan kimia, kue ini diklaim Julia sebagai kue yang aman dikonsumsi oleh siapa saja, termasuk  penderita diabetes. Pasalnya,   brownies nangka dibuat menggunakan campuran tepung dan gula yang rendah  kalori.

Khusus tepung, Nature Cakes menggunakan jenis tepung yang bebas gluten, sedangkan gulanya adalah  gula pasir lokal yang tidak menggunakan pemanis buatan. “Takaran kalorinya benar-benar dikontrol.  Di samping itu, untuk jenis whipping cream yang kami pakai juga berbahan dasar susu, sehingga aman  dikonsumsi siapa saja,” tambahnya.

Jadi Oleh-Oleh, Bisa Disimpan  Tujuh Hari

Selain bisa dinikmati di lokasi,  kue-kue produksi Nature Cakes juga bisa digunakan sebagai oleh-oleh khas Bali. “Brownies nangka bisa jadi alternatif pilihan  wisatawan yang datang ke Bali untuk  oleh-oleh ,” jelas Julia.

Semua produk kue yang dihasilkan Nature Cakes, lanjutnya,  jenis healty food, karena tidak menggunakan bahan pengawet. “Meskipun tidak mengandung bahan pengawet, namun produk kami bisa tahan sampai tujuh hari jika dalam kondisi frozen. Sedangkan jika dalam kondisi normal, hanya dua hari,” ungkapnya.

Per box brownies nangka ini dibanderol dengan harga Rp 55 ribu. Sedangkan untuk pemesan dari luar daerah, harganya tetap sama, hanya ada tambahan ongkos pengiriman yang disesuaikan dengan asal daerahnya. (bx/gek/rin/yes/JPR)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%