Ceu Kokom, Restoran Menu Sunda di Tengah Hiruk Pikuk Jakarta

Senin, 13 November 2017 | 20:52
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share

INDOPOS.CO.ID - Ingin menikmati santap siang khas Sunda? Bagi warga Jakarta, kini tidak perlu jauh-jauh lagi harus ke Bandung. Bagi anda yang beraktifitas atau tinggal di sekitar Kebun Jeruk tidak ada salahnya untuk mampir ke Jalan Raya Pos Pengumben. Disana ada sebuah restoran khas Sunda yang diberi nama Ceu Kokom.

Berdiri sejak setahun silam, tepatnya pada 31 Oktober 2016, sang pemilik restoran Rully Yuliana menyajikan berbagai menu khas makanan tradisional Sunda. Sebut saja nasi liwet, sayur asem, pepes ikan mas serta masih banyak menu khas Sunda lainnya. 

Masakan di Ceu Kokom tentunya sangat berbeda dengan restoran yang menyajikan makanan khas Sunda lainnya. Karena selain benar-benar merupakan resep asli dari daerahnya, Ceu Kokom juga masih mempertahankan cara hidang makanan yang masih tradisional. Yakni diletakan kedalam sebuah bakul yang diberi alas daun pisang.

Bagi anda yang hendak ingin makan di restoran, hidangan diletak secara prasmanan. Sehingga setiap pengunjung bisa secara bebas memilih lauk yang disuka. Seperti di rumah sendiri. Sedangkan pada lantai 2 restoran anda bisa menikmati makan dengan cara lesehan. Rasanya seperti tidak berada di sebuah Kota Metropolitan yang hiruk pikuk.

INDOPOS pada akhir pekan lalu berkesempatan mendatangi Ceu Kokom. Saat makan siang, restoran yang terletak tepat di Jalan Pos Pengumben Raya itu cukup padat. Beberapa pengunjung kebanyakan berasal dari beberapa kantor yang terletak tidak jauh dari sana.

"Awalnya kami buka di Bandung. Tapi karena setahun belakangan saya pindah ke Jakarta, akhirnya buka disini,"ujar Pemilik Ceu Kokom Rully Yuliana kepada INDOPOS.

Diakui Rully, seluruh resep yang ada di Ceu Kokom merupakan hasil olahan tangannya. Sehingga mulai dari kualitas hingga cita rasa bisa dijamin. Karena ia sendiri sudah mulai memasak sejak duduk di bangku SMP.

Ia pun memperkenalkan beberapa bagian dari restoran nya. Dimulai dari lantai 1 yang menyediakan prasmanan yang dibuat menyerupai pondok dengan atap Rumbia khas daerah Sunda. Di lantai 1 terdapat beberapa meja serta bangku untuk pengunjung yang ingin makan di tempat. Selanjutnya pada lantai 2 ada sebuah ruang makan yang disediakan khusus lesehan.

"Pada lantai ke 3 ada tempat stok bahan baku. Semua bahan makanan kami datangkan langsung dari tempat asalnya (Bandung). Kemudian distok untuk beberapa hari saja. Ga sampai berhari-hari karena kami juga menjaga cita rasa dari kesegaran bahan baku,"katanya.

Untuk hidangan, Ceu Kokom memiliki hidangan utama berupa nasi liwet. Dengan lauk yang beraneka ragam. Seperti ayam goreng, ayam bakar, gepuk, paru, babat, tamusu, limpa, babat, ikan mas goreng, ikan gurame acar. Ada juga aneka hidangan pepes seperti pepes ayam, pepes tahu, pepes jamur, pepes peda dan pepes ikan mas. Tidak hanya sampai disitu. Ceu Kokom juga menyediakan aneka asinan. Seperti asin cumi, asin peda, asin jambal dan asin sepat.

"Untuk minuman kami juga punya aneka minuman khas. Seperti es kelapa. Yang buat beda es kelapa segar kami dikasi cangkaleng, kelapa, pakek jeruk. Terakhir dikasi sedikit sirup untuk memunculkan rasa manis,"jelas Rully.

Harga yang ditawarkan juga cukup murah. Mulai dari Rp 14 ribu hingga Rp 45 ribu untuk lauk. Sedangkan nasi, berkisar Rp 6 ribu hingga Rp 12 ribu per porsinya. Tidak hanya menyediakan menu personal Ceu Kokom juga menyediakan hidangan untuk beberapa orang sekaligus. Seperti paket nasi liwet plus lauk 3 orang, 5 orang sampai dengan 10 orang.

Biasanya, untuk paket disajikan dengan bakul berukuran besar yang terbuat dari bambu. Ukurannya menyesuaikan dengan jumlah paket."kami juga sediakan untuk yang mau hajatan. Atau ada acara. Itu sangat cocok,"tambahnya.

Nasi Liwet Plus Ayam Bakar Pedas Manis

INDOPOS berkesempatan mencicipi hidangan utama Ceu Kokom. Yakni nasi liwet dengan lauk ayam bakar. Nasi yang dihidangkan kedalam bakul bambu ditaburi lalapan pete serta cabai. Jika tidak suka pete, anda bisa meminta untuk dipisahkan. Didalamnya juga ditaburi bawang goreng yang renyah.

Sedangkan pada sajian lauk terdapat aneka lalapan segar yang membuat gairah makan semakin bertambah. Seperti selada, terong, timun, brokoli serta tomat merah segar. Selain itu ada beberapa potongan tempe serta tahu goreng.

Rasa ayam bakar yang cenderung agak manis, sangat nikmat bila dibubuhi sambel terasi. Kata Rully, sambel terasi yang Ceu Kokom sajikan sangat berbeda rasanya dengan kebanyakan sambal terasi lainnya. Itu karena ada beberapa resep rahasia ditambah dengan kesegaran bahan baku yang dipertahankan pihaknya.

Saat dicoba, memang sambal terasi Ceu Kokom sangat khas. Aroma terasi nya cukup kuat dengan rasa pedas yang pas di lidah. Sehingga sangat cocok dibubuhkan kepada beberapa lauk. Seperti ayam bakar yang dominan manis kecap.

Anda juga bisa memvariasikan lauk dengan aneka hidangan goreng lainnya. Seperti pergedel jagung, tempe goreng serta pepes tahu. Memang sebuah perpaduan yang luar biasa karena rasanya yang agak sedikit asin dengan bumbu yang begitu khas.(nda)

 

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%