Warung Tegal Dadong; Wisata Kuliner, Mancing, sekaligus Offroad

Senin, 13 November 2017 | 21:19
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
RAMAI DAN SERU: Warung Tegal Dadong menjadi salah satu rujukan untuk mencari kenikmatan perut dan adrenalin.

INDOPOS.CO.ID - Usaha kuliner merupakan salah satu sektor usaha yang memegang peranan penting dalam mendukung perkembangan dunia pariwisata. Termasuk di Kabupaten Jembrana.

Sekarang ini, berbagai macam kuliner dengan ciri khas dan keunggulan masing-masing bisa kita jumpai dengan mudahnya. Selain itu, para pengusaha yang bergerak di sektor usaha kuliner juga berlomba-lomba menarik minat masyarakat untuk datang ke tempatnya dengan menawarkan suasana makan yang berbeda dengan tempat makan yang lain. Mulai dari rumah makan dengan suasana pinggir pantai, suasana kota maupun rumah makan dengan suasana alam pedesaan.

Salah satu tempat makan yang hadir dengan suasana berbeda adalah Warung Tegal Dadong. Warung makan ini berlokasi di Kelurahan Baler-Bale Agung, Kecamatan Negara, atau tepatnya di Jalan Pengastian, Banjar Kebon, Kelurahan Baler-Bale Agung, Kecamatan Negara, Jembrana.

Warung ini hadir dengan konsep cita rasa masakan nusantara. Warung Tegal Dadong belum lama buka. Baru diresmikan pada 22 Agustus lalu ini. Lantas, apa yang istimewa di tempat ini?

Ya, Warung Tegal Dadong memiliki beberapa hal yang tidak dimiliki oleh tempat makan lain yang ada di Jembrana. Pemilik Warung Tegal Dadong, Gede Suindiana, 32, menjelaskan, warungnya memiliki konsep menyatu dengan alam pedesaan. “Konsep awal warung makan ini di samping menyajikan beragam makanan dengan kualitas yang terbaik, kami juga menawarkan suasana alam pedesaan lengkap dengan aktivitasnya,” ujar Dede, panggilan akrab pemuda kelahiran Desember 1985 ini. 

Ia menambahkan, lokasi warung dengan luas total 1,8 hektar ini berada di pedesaan dan dikelilingi pohon-pohon besar yang tumbuh alami yang diperkirakan berusia puluhan tahun. Tidak itu saja, pria tamatan SMK yang mengawali usahanya sebagai karyawan toko bangunan ini juga membuat kolam ikan. Luasnya kurang lebih 30 meter persegi. Berada tepat di tengah-tengah areal restoran.

“Kolam dengan kedalaman 3 meter ini berisikan ribuan ikan air tawar jenis gurami, lele, bawal dan patin. Kita juga berikan keleluasaan untuk pengunjung yang ingin sekalian berekreasi mancing di sekitaran kolam. Peralatan pancing beserta umpannya sudah kita siapkan, buat yang ingin mancing cukup bayar biaya sewa sebesar Rp 15 ribu dan sudah bisa mancing sepuasnya,” terang Dede.

Lebih lanjut Dede menjelaskan, apabila ada pengunjung yang ingin mengolah ikan hasil tangkapannya, dikenakan biaya tambahan sebesar 35 ribu/kilogram. Sudah termasuk paket sayur dan nasi.

Keberadaan kolam pancing dengan gemericik air serta dikelilingi gazebo-gazebo kecil ini, membuat suasana benar-benar alami dan membuat pelanggan yang ada di restoran tersebut  semakin betah menikmati beragam hidangan dengan suasana pedesaan.

Selain aktivitas mancing, di sini juga terdapat track offroad sepanjang kurang lebih 2 km yang berada di sisi bagian barat. “Kebetulan saya senang offroad dan kontur tanah yang terletak di perbukitan, ya sekalian saya selipkan juga track offroad di sini. Bagi pengunjung yang tertarik menguji adrenalin bisa mencobanya. Biayanya untuk satu kali putaran bervariasi, mulai dari Rp 50 ribu untuk adventure navigator (penumpang) dan Rp 75 ribu untuk adventure driver (setir sendiri),” terangnya.

Ia menambahkan terkait fasilitas lainnya yang terdapat di sini adalah kids corner, yang bisa dipakai tempat bermain untuk anak-anak sembari menunggu kedatangan makanan yang dipesan.

Untuk menu makanan, lanjut Dede, Tegal Dadong memiliki beragam pilihan. Mulai dari olahan ikan seperti ikan bakar, ikan goreng, dan sop ikan. Kemudian ada pula ayam bakar, ayam goreng, ayam samjo (sambal ijo), nasi goreng ayam, nasi goreng seafood, mie goreng ayam, mie goreng seafood, mie kuah spesial, cumi goreng tepung, cumi asam manis, udang goreng tepung, udang asam manis, udang bakar, kerang bakar, jukut yuyu (kepiting), tempe penyet, ayam penyet spesial tegal dadong, dan terong penyet. Yang wajib untuk dicoba saat makan di Wr. Tegal Dadong adalah aneka macam sambal seperti sambal matah, sambal tomat, sambal ijo, sambal lindung (belut) dan juga sambal gerbong (gerang bongkot) dengan level pedas yang bervariasi. (aim/jpg)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%