Inovasi Makanan Sehat Ala Chef Steby Rafael

Rabu, 29 November 2017 | 14:11
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Chef Steby Rafael. Foto. IWAN TRI WAHYUDI/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Makanan memang menjadi salah satu hal penting bagi kehidupan. Dari makanan, tubuh seorang manusia dapat menghasilkan energi. Sehingga bisa berkegiatan. Mulai dari bekerja hingga melakukan rutinitas sehari-hari. Namun ternyata tidak semua makanan bermanfaat bagi tubuh. Beberapa makanan diketahui bahkan bisa menjadi sumber penyakit.

Saat ini inovasi makanan sehat mulai marak di kampanyekan. Salah satunya adalah Chef Steby Rafael. Chef tampan satu ini cukup serius dalam menciptakan berbagai inovasi makanan sehat. Pastinya kaya akan sumber energi yang bermanfaat untuk tubuh serta dijamin enak. Seperti apa sih?

Dalam sebuah kegiatan kampanye dengan tema #yakinsehat Chef Steby Sempat membagikan resep makanan sehat, enak dan kekinian. Bertempat di Almond Zucchini Cooking Studio, Jalan Prapanca, Jakarta Selatan, Healthy Food Specialist itu juga langsung melakukan demo masak. Ada 2 menu yang disajikan Chef Steby siang itu. Yakni roti jala ayam serta super green smoothies bowl.

Untuk menu pertama ada beberapa bahan utama yang telah disiapkan. Seperti tepung dengan protein tinggi, susu, kunyit, ayam, beberapa sayuran seperti tomat dan juga selada. Untuk bahan membuat jala (kulit pembungkus) Chef mencampurkan bahan tepung, susu, telur dan diberi sedikit kunyit. Jika tidak ingin pakai susu, bisa diganti dengan santan yang agak kental. Setelah itu, pan penggoreng diolesi margarin dengan api yang kecil.

Ketika pan dirasa cukup panas adonan pembungkus tadi dituangkan dengan bentuk jala atau jaring. Ketika adonan sudah berwarna kecoklatan, adonan sudah bisa langsung diangkat. Untuk isinya bisa dikreasikan dengan ayam goreng krispi atau ikan. Jika anda memilih ikan maka saran dari Chef Steby pilihlah ikan yang hidup di air laut tengah. Seperti ikan snaper, kakap atau gabus.

Siang itu, Chef Steby memilih ayam untuk isinya. Ayam yang telah digoreng dengan krispi lalu diletakan kedalam jaring. Bersamaan dengan selada, tomat. Untuk dressing anda bisa menambahkan mayonaise serta saus tomat. Setelah itu jala yang sudah berisi ayam krispi dan sayuran tadi digulung. Lalu dihidangkan.

Untuk rasa, memang jala roti jala ayam terasa sedikit mirip burger ataupun hotdog. Akan tetapi, dengan roti pembungkus yang terasa renyah. Itu dikarenakan tepung yang digunakan berasal dari tepung tinggi protein. Tapi jangan salah. Selain enak ternyata resep tersebut memiliki banyak kandungan protein, vitamin serta asupan kebutuhan tubuh lainnya. Hal itu dijelaskan Chef Steby usai memasak.

"Jadi ini makanan lengkap. Dan bahannya simpel banget. Caranya juga gampang banget. Disini ada protein dari telur. Karbohidrat dari tepung terigu. Antioksidan dari kunyit. Tambahan garam sedikit. Dari adonan nya ada udah bagus buat kesehatan,"sebut Chef kelahiran Lampung 30 tahun silam itu.

Selain beberapa kandungan gizi diatas, isi dari jala tadi juga memiliki tambahan nutrisi lain. Seperti vitamin dan mineral yang berasal dari tomat dan selada. Selain itu ada juga kandungan lemak yang berasal dari mayonaise dan saus tomat."Ada beberapa acar juga. Disitu ada ayam sebagai lauknya. Yang pasti mengandung protein dan lemak,"jelasnya.

Yang pasti, lanjut dia, roti jala ayam bisa disantap kapan saja. Bisa dijadikan makan siang, malam atau sarapan. Karena dalam satu hidangan memiliki kompleksitas asupan gizi yang baik untuk tubuh."Ini mungkin satu solusi makanan yang kreatif karena belum ada yang gulung kayak gini. Dan ini bahannya murah. Adonan nya bisa disimpan buat besoknya,"tambahnya.(nda)

Resep Roti Jala Ayam Ala Chef Steby Rafael

Bahan-bahan
220 gram tepung terigu protein sedang 
1 sdt garam
1 sdt bubuk kunyit
2 butir telur
250 ml air
250 ml santan semi kental

Isian
250 gram ayam goreng tepung
10 sdm saus thousand island
10 lembar daun selada
100 gram tomat ceri merah
lada hitam secukupnya

Garnish
Saus tomat dan daun paterseli

Cara membuat Roti jala
- Campurkan semua bahan roti jala lalu aduk hingga merata
- Panaskan pan yang telah di oles minyak dengan tisu, lalu tuang adonan menggunakan squeezer bottle hingga membentuk jala, masak selama 3 menit dengan api sedang, angkat.
- Tata isian di atas roti jala lalu gulung seperti menggulung lumpia
- Sajikan dengan hiasan

Tips dan catatan:
- Jika tidak ingin menggunakan santan, Anda bisa ganti dengan susu.
- Roti yang buat tidak perlu dibalik. 
- Saus bisa diganti dengan yang lain sesuai selera.
- Untuk menguji tekstur bahan roti yang sudah pas, diangkat dengan sendok lalu dituang kembali dan cairannya mengalir tidak terputus-putus.
- Jika ingin lebih sehat, gunakan minyak zaitun untuk mengolesi pan. Gunakan virgin olive oil yang digunakan untuk memasak. 

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%